Kamis, 01 Agustus 2013

Cara Merawat Furniture Rotan Sintetis

Secara garis besar, furniture rotan sintetis ada tiga jenis. Pertama, furniture rotan sintetis 100% outdor (frame alumunium, atau stainless steel). Kedua, furniture rotan sintetis semi outdor (frame besi berfinishing cat). Furniture jenis ini cocok untuk penggunaan di teras rumah, balkon, dan ruang semi terbuka lainya yang tidak terkena air secara langsung. Yang terakhir adalah furniture rotan sintetis indoor (frame kayu, rotan, atau kombinasi kayu dan rotan). Furniture jenis ini hanya direkomendasikan untuk pengunaan dalam ruangan yang berlantai kering.

Perawatan frame:
  1. Untuk frame alumunium dan stainless steel bisa dibilang free maintenance, karena material tersebut tahan terhadap karat, korusi, pelapukan, dan hama pengerat.
  2. Berikutnya jika furniture rotan sintetis Anda menggunakan frame besi. Jika pengunaan murni indor dalam ruang berlantai yang selalu kering dan udara ruang mempunyai sirkulasi yang ideal (tidak lembab) frame jenis ini juga termasuk bebas perawatan, Tetapi, apabila ruangan dikhawatirkan agak lembab, atau pernah kena air bisa langsung dibersihkan dan dikeringkan. Ada baiknya dilakukan pemeriksaan setiap 3 tahun sekali, apabila ada finishing yang mengelupas atau terindikasi karat segera dibersihkan atau difinishing ulang.
  3. Terakhir adalah frame kayu. Frame kayu sama sekali tidak boleh terkena air atau penggunaan di ruangan lembab. Perawatan berkala (per 1 tahun) berupa penjemuran dan pengecekan terhadap hama pengerat, seperti rayap, tikus, dll. Apabila dikhawatirkan terkena hama rayap bisa disemprot dengan cairan anti rayap atau larutan kamper yang dicampur dengan minyak tanah.
Perawatan anyaman rotan sintetis
  1. Bahan rotan sintetis bisa dibilang bebas perawatan, hanya saja untuk penggunaan 100% outdor yang terkena sinar matahari langsung akan mengalami pemudaran warna untuk penggunaan diatas 10 tahun, dan akan terjadi pengerasan untuk penggunaan diatas 20 tahun.
  2. Apabila kotor bisa langsung dibersihkan, juga dapat disemprot dengan air bertekanan sedang jika menggunakan frame alumunium atau stainlees steel.
  3. Apabila menggunakan frame besi atau kayu untuk membersihkan kotoran bisa menggunakan sikat kering berbahan lembut, atau air larutan deterjen yang dibasahkan pada lap atau sikat berbahan lembut. Jika dipersihkan dengan air, jangan lupa keringkan kembali lalu jemur.
  4. Apabila berdebu idealnya disemprot dengan kompresor atau facum cleaner. Atau bisa juga dengan menggubakan lap kering dan sikat kering berbahan lembut.
  5. Untuk mengembalikan kecerahan warna bahan rotan sintetis bisa disemprot dengan cairan pemoles cat atau silikon kemudian lap dan gosok berlahan sampai kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar